Jumat, 25 April 2014

Tugas 2: Mengapa Saya Menulis?

Pada dasarnya saya adalah manusia egois. Mementingkan diri sendiri dan tidak perduli dengan orang lain. Saya hanya ingin menjalani hidup ini dengan bahagia, tanpa dihantui oleh rasa takut dan sedih. Bagaimana caranya agar dapat hidup tanpa rasa takut dan sedih? Ternyata saya butuh Tuhan dan Manusia lain untuk menolong dan menemani saya dalam menjalani hidup. Tanpa keduanya, saya akan ketakutan dan sedih. Itu pasti – karena sudah pernah dicoba!

Bagaimana caranya Tuhan dan Manusia lain mau menerima saya dalam menjalani hidup ini? Maukah Tuhan menolong saya jika saya membantah perintah-Nya dan malah bandel menjalankan larangan-Nya? Maukah Manusia menemani saya jika saya menyusahkan hidup mereka dan menjadi sekedar pelengkap penderita dalam hidup? Saya kira tidak.

Tuhan akan sayang sama saya jika saya patuh menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. “Percaya sajalah apa kata Tuhan, karena Ia yang membuat kita, dan benar-benar tahu apa yang kita perlu kerjakan dalam hidup. Tidak perlu sok tau”, demikian nasehat sederhananya.  Dale Carnegie dalam sejumlah bukunya mengenai hubungan antar manusia, menyebutkan bahwa manusia itu suka didukung, dihargai keberadaannya dan bukannya ditinggalkan serta disalahkan. Hubungan yang baik dengan Tuhan dan Manusia hanya dapat dicapai oleh orang yang memiliki otak dan jiwa yang sehat.

Bagi saya menulis merupakan sebuah terapi untuk menyehatkan otak dan jiwa. Lega rasanya, ketika seliweran ide-ide pengganggu konsentrasi telah ditumpahkan ke dalam rangkaian kata-kata diatas kertas. Dengan otak dan jiwa yang sehat, harapannya saya dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam membahagiakan dan menyehatkan jiwa anggota keluarga saya. Dan bersama mereka, saya ingin menjadi bagian untuk dapat menularkan semangat positif yang dapat menginspirasi negeri ini ke arah yang lebih baik. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin saya dapat mengubah dunia.*

*terinspirasi oleh pemikiran seorang biarawan di Inggris, 1100 M.

(282 kata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar