Sabtu, 10 Mei 2014

Pertemuan 2: Apa yang akan Saya tulis?

Ada 2 hal yang biasanya memberikan energi yang kuat untuk menulis, apakah itu sesuatu yang sangat kamu sukai, atau sesuatu yang sangat kamu benci.  Sesuatu yang kamu kenal, peduli, familiar dan tahu akan menjadi obat kuat dalam menulis.
Apa yang paling kita enjoy dan tidak bosan membicarakannya?
Apa yang paling gue banget?

Kita bisa bertanya pada teman, untuk membantu mencari tahu dimana minat kita yang sebenarnya. Ini bagaikan mengupas bawang selapis demi selapis. Dari minat yang umum, hingga ke intinya sehingga benar-benar ketemu sesuatu yang dapat memberikan kita keasyikan dalam menulis.

Ahmad Fuadi sangat menikmati 4 tahun kehidupannya di Gontor, Andre Hirata dengan kehidupan masa kecilnya di Belitung atau Habiburahman El Shirazy dengan masa kuliahnya di Mesir adalah beberapa contoh bagaimana kehidupan yang mengesankan bagi penulisnya dapat menghasilkan tulisan yang begitu bisa dinikmati banyak orang.

Salah satu strategi untuk menemukan apa yang paling kamu sukai atau tidak kamu sukai bisa dengan membuat mind mapping mengenai hal tersebut. Semakin detil akan semakin baik dan tajam. Kemudian hal tersebut dapat dibicarakan bersama teman dengan tujuan untuk membuka lapisan-lapisan yang mungkin belum terungkap sebelumnya.

Dalam pertemuan sebelumnya, Bang Fuadi juga sempat mengungkapkan mengenai kekuatan konten cerita dengan mengangkat sesuatu yang unik dan belum ada yang menuliskannya. Seperti dengan diangkatnya kisah kehidupan pesantren dalam Novel Negeri 5 Menara.

Tugas pertemuan 2:
Apa yang menjadi concern dalam hidup kamu dan apa yang mungkin menjadi potensi tulisan dari hal tersebut?  


Dikumpulkan Minggu, 18 Mei 2014 pukul 9.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar