Seleksi 2: “Nah, ini baru namanya pelatihan menulis yang sebenarnya!”

Mengapa saya katakan demikian? Dari deskripsi yang diberikan, dapat dikatakan bahwa pelatihan menulis di Akademi 5 Menara akan memberikan modal dasar yang paling penting untuk menjadi seorang penulis yang baik, seperti:

1.      Peserta hasil seleksi ketat
Peserta pelatihan merupakan orang-orang terpilih yang memiliki minat yang sama dan telah dinilai cukup potensial untuk menjadi penulis. Akademi 5 Menara bukanlah tempat pelatihan yang setiap orang bisa mengikutinya hanya karena memiliki sejumlah uang. Jarang sekali ada tempat pelatihan yang seperti ini. Dengan demikian tujuan dari pendirian lembaga ini akan lebih mudah tercapai.

2.      Kerjasama tim
Saya selalu percaya bahwa ada rentang pencapaian yang besar antara sekedar orang cerdas dan berbakat, dengan orang cerdas dan berbakat yang dapat bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan untuk bertukar pikiran dan mendengar masukan dari orang lain, terlebih dalam bidang penulisan yang sangat kompleks, adalah syarat mutlak.

3.      Penugasan
Tugas akan sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan kita dan menjadi tolak ukur pemahaman kita terhadap sesuatu. Belajar dengan tugas, adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ilmu baru.

4.      Ketepatan waktu dan Kemandirian
Mengkombinasikan antara mood dan deadline bisa dibilang sebagai salah satu persamaan antara penulis dan arsitek. Kedisiplinan mutlak diperlukan untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang baik.

5.      Mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan penulisan
Tidak banyak orang yang beruntung dapat mengetahui bagaimana “dapur” dari sebuah buku. Dengan mengetahui bagaimana keseharian penulis, proses editing, proses wawancara dengan media hingga menghadiri bedah buku pastinya merupakan masukan yang sangat berharga.

6.      Mentor yang berpengalaman menulis buku best seller
Bisa saja kita berteman dengan seorang A.Fuadi, penulis buku terkenal yang sangat inspiratif. Namun saya yakin, tidak kepada setiap orang A.Fuadi memiliki cukup waktu untuk berbagi pengalaman, menyemangati dan memberikan masukan terhadap karya seseorang.

Sebagai tambahan, walau saya berdomisili di Bandung, saya tidak merasa ada kesulitan untuk mengikuti tatap muka wajib di Bintaro 1-2x sebulan. Kebetulan sekali saya memiliki adik yang tinggal di Bintaro sektor 1.


Jadi tidak salah saya memilih untuk ikut seleksi mengikuti pelatihan menulis di Akademi 5 Menara. Memang seperti inilah pelatihan yang sebenarnya!

(334 kata)

Komentar