Tugas 1: Usul Saya

Walau belum pernah mengikuti pelatihan menulis sebelumnya dan tidak tahu seperti apa seharusnya pelatihan menulis yang baik, saya coba untuk memberikan usul sebagai berikut:

  • Mungkin memang ada baiknya silabus pelatihan ini disusun berdasarkan apa yang ingin para peserta pelajari. Namun karena pastinya beragam, mungkin Bang Fuadi bisa membantu merumuskannya berdasarkan pengalaman beliau sebagai penulis dan wartawan.
  • Silabus atau apa-apa saja yang akhirnya akan kita pelajari selama di Akademi, sebaiknya dirumuskan diawal dan disampaikan dalam bentuk tertulis. Sehingga peserta memiliki acuan yang jelas ketika belajar.
  •  Ide proyek akhir berupa buku adalah sangat penting. Karena inilah tujuan utama kita mengikuti pelatihan. Kita bisa mempelajari bagaimana proses sebuah buku dari dibuat, lahir hingga dibesarkan.
  • Untuk menjamin sebuah buku berkualitas, tentunya “orang-tuanya” harusnya dibekali ilmu yang cukup. Saya kira dengan banyak diberi tugas latihan menulis (mudah-mudahan saya tidak akan menyesali usulan ini!) dan kemudian dievaluasi, akan membantu mengasah kemampuan kita dengan lebih baik.
  • Ada forum yang menampung semua tugas penulisan peserta. Diharapkan masukan Bang Fuadi sebagai mentor dan ‘rekan seperjuangan’ bisa di baca oleh semua. Bisa dalam bentuk post di grup tertutup FaceBook untuk memudahkan memberi comment atau men-share tulisan.
  • Bang Fuadi sebagai mentor, saya harap cukup cair dan murah berbagi ilmu dengan peserta. Saya akan senang sekali jika Bang Fuadi mau memberi tips-tips singkat penulisan kepada peserta setiap hari di forum. 
     (224 kata)

Komentar