Renungan Evaluasi AM5M

Akhirnya pengumuman evaluasi Akademi Menulis 5 Menara yang ditunggu-tunggu itu keluar. Isu eliminasi memang menghantui setiap peserta  dalam beberapa bulan terakhir sejak kekesalan Pak Guru pada pertemuan terakhir yang menjadi titik terendah kehadiran peserta.
Ada yang terpaksa di eliminasi, ada yang terkena sanksi, ada yang harus hati-hati, ada yang biasa dan ada yang terpuji. Ini semua berdasarkan sebuah penilaian terukur dari kedisiplinan.

Apa saja penilaian evaluasi ?
Seperti yang disampaikan Bang Fuadi dari awal, kedisiplinan dan taat deadline adalah hal yang tidak bisa ditawar di AM5M. Terus terang saya sendiri sempat lengah dengan tidak mengikuti pelatihan sekali dan terlambat mengumpulkan tugas sekali. Ternyata itu sangat berpengaruh. Berikut penilaian yang dilakukan:
  • Setiap ketidakhadiran, apapun alasannya baik itu ijin karena tugas kantor, tugas kuliah, sakit, dan sebagainya point dikurangi 1. Alasannya karena setiap ketidakhadiran dinilai akan ketinggalan materi. Kan repot juga kalau banyak materi yang tidak bisa diikuti karena tidak hadir.
  • Keterlambatan dalam arti Pak Guru duluan datang daripada peserta akan dikurangi point ½. Mau terlambat 2 menit atau 2 jam tetap dikurangi ½ . Entah bagaimana caranya selama ini memang Pak Guru bisa selalu jam 9 teng nongol di depan kita.
  • Tidak mengumpulkan tugas dikurangi 1 point. Selama ini kami sering juga mengirimkan tugas susulan dengan durasi keterlambatan antara 1 jam – 2 hari dari jadwal deadline. Ternyata Pak Guru tidak mentoleransi ketidaktaatan mengikuti jadwal seperti ini. Yang susulan tetap dianggap sebagai tidak mengumpulkan tugas. Ini sebenarnya kabar bagus buat teman yang bertugas sebagai pembuat kompilasi tugas. Susulan itu seperti menjadi PR yang merepotkan bagi para compiler.
Dengan 3 point diatas, setiap peserta bisa menghitung sendiri minus berapa nilai mereka. Untuk yang nilai minusnya diatas 7 masuk kategori eliminasi dan tidak diijinkan untuk mengikuti pertemuan. Namun masih diijinkan untuk mengikuti perkembangan Akademi melalui grup whatsapp dan grup FB Akademi. Untuk nilai 5-6.5 masuk zona sanksi yang artinya kehilangan kesempatan one on one untuk mendiskusikan proyek akhirnya. Untuk nilai 3-4.5 masuk zona hati-hati. Untuk nilai 1-2.5 masuk zona biasa. Dan untuk mereka yang sempurna selalu hadir pada pertemuan, tidak pernah terlambat, dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu, dapat predikat terpuji yang ditandai dengan namanya distabilo warna kuning terang ceria dan bahagia. Selamat!

Evaluasi ini membuat setiap peserta disadarkan kembali bahwa untuk menjadi penulis yang baik, komitmen untuk menulis, kedisiplinan dan taat jadwal adalah modal dasar yang tidak bisa ditawar-tawar.  Tanpa itu semua mimpi jadi penulis hebat sebaiknya dimasukkan ke dalam kotak. Kotaknya disimpan di dalam laci terkunci. Dan kuncinya dibuang saja ke laut.

Selamat berjuang teman-teman!

Komentar