Jika dianalogikan dengan sebuah proses kelahiran, tahap
desain dan promosi adalah saatnya mulai ada bukaan menunggu lahirnya sebuah
buku. Desain yang dimaksud disini mencakup desain sampul, warna, penampilan
isi, layout, font, pembatas antar bab dan sebagainya. Desain dari buku
semestinya dapat merepresentasikan isi buku. Penulis perlu meluangkan waktu
untuk memikirkan hal ini dan memiliki konsep yang jelas mengenai desain
bukunya. Jangan cepat puas dengan apa yang diberikan oleh pihak penerbit.
“Sekarang sudah bukan masanya Penulis hanya menulis.”
Kadangkala penulis memang perlu mengeluarkan biaya sendiri
sebagai investasi, misalnya untuk membeli buku beberapa eksemplar (biasanya
terjadi pada penerbit kecil), bayar ilustrasi sendiri, membuat model peraga
untuk promosi. Misalnya topi menara-menara an yang dipakai beberapa artis saat
promosi buku N5M.
Dalam pertemuan ini, Kami juga jadi mengerti behind the story-nya proses menemukan
cover Negeri 5 Menara. Bagaimana
garingnya usulan cover yang diberikan pihak penerbit, sehingga Pak Guru perlu
mencoba mencari alternatif ilustrasi lain. Kemudian mulailah proses desain
cover bersama Slamet Mangindaan.
Dalam 3 bulan pertama N5M telah cetak ulang sebanyak 3x.
Melihat potensinya yang besar, Pak Guru melakukan presentasi kepada pihak marketing penerbit agar dapat
lebih meningkatkan penjualan. Dalam presentasi itu ditampilkan grafik potensi
N5M dibanding dengan buku sejenis di pasaran, potensi pasar komunitas yang akan
menyerap buku, dan proyeksi pemasaran yang bisa menembus angka fantastis jika
didukung oleh marketing yang handal. Dengan dukungan tim marketing yang kompak
dan militan memiliki peran yang besar bagi kesuksesan sebuah novel.
Promosi itu perlu dilakukan kedalam dan keluar. Promosi di
penerbit itu sendiri. kita perlu membantu penerbit untuk membantu mereka
menjual buku kita. Sebagai orang tua kandung sebuah buku, kitalah yang
sebenarnya bertanggung-jawab dan memberi warna pada anak kita. Jadi kalau kita
sebagai orang tua kandungnya cuek saja, ya sudah jangan sedih kalau bukunya
kelaut.

Jika direflesi kembali perjalanan N5M dari awal, kita bisa
melihat bagaimana sebuah cerita yang bagus bisa menjadi begitu banyak
dipengaruhi hal-hal lain. kebayang jika N5M muncul seadanya dengan cover versi
awal penerbit, nasibnya tentu sudah wassalam sekarang.
Tugas
pertemuan 9:
1. Buat konsep
promosi buku (karya masing-masing) seolah-olah akan disampaikan pada tim
marketing suatu penerbit. Lakukan riset sederhana mengenai genre, potensi buku,
dan lainnya.
2. buat konsep
desain cover
3. buatkan
rangkuman materi mengenai apa yang telah dipelajari selama ini di AM5M.
Rencananya kita akan membuat buku panduan penulisan AM5M.
Dikumpulkan
Minggu, 23 November 2014 pukul 9.00. Harap diingat, jika melewati deadline,
tugas tidak akan diterima.
Tugas dapat
diberikan juga kepada teman peer-nya untuk direview. Review mohon disampaikan
dalam bentuk point-point. Tidak perlu dikumpulkan saat ini. pastikan bahwa
review berjalan dengan baik.
Pertemuan ke-10,
Senin, 25 Oktober 2014 pukul 10.00. di
Gramedia Matraman. Dan Pertemuan ke-11, Minggu 7 Desember 2014 pukul 9 di
Bintaro.
Komentar
Posting Komentar