9 Langkah Menulis Review Produk

Ilmu keren ini saya dapat dari Training for Blogger Indscript-Kraft yang dilaksanakan secara online dalam secret grup Facebook 17 Juni 2015.

Pada dasarnya tujuan tulisan review produk adalah untuk memberikan informasi yang meyakinkan dan menggiring opini pembaca dengan pengalaman pribadi. Istilahnya soft selling, menjual dengan cara halus. 

Berikut 9 langkah untuk menulis Review Produk: 
1. Cobalah produknya. Untuk produk mahal bisa dengan mencari info mengenai keunggulan produk tersebut dari orang yang telah memakainya.

2. Pelajari tentang review produk sejenis dan mencari ide yang out of the box. Cari ide dari pengalaman pribadi.

3. Buat alur cerita sebelum memulai. Tulis dengan runtun dan mengalir.

4. Pecah alur cerita menjadi beberapa paragraf. Pastikan satu paragraf mengandung hanya 1 ide cerita. Hindari membuat paragraf yang terlalu panjang dan membuat mata pembaca lelah.

5. Kata pembuka yang memikat.

6. Selipkan info produk secara halus. Bisa juga dengan link ke produknya.

7. Kata penutup berupa kesimpulan yang bersifat ajakan halus.

8. Pilihan judul yang menarik. Hindari memberikan judul yang berupa kesimpulan. Bisa juga menggunakan kata tips atau angka (seperti 5 cara...). Nama produk tidak perlu ada pada judul.


9. Sebelum di posting, baca lagi tulisan keras-keras. Potong kalimat yang terasa terlalu panjang.

Terima kasih banyak buat Bu Guru Wuri Nugraeni yang telah berbagi ilmu dan mereview SEMUA tulisan para anak didiknya. Dari situ kita bisa belajar mengenai Ide tulisan, Judul, Opening, Isi, dan Closing dari sejumlah tulisan yang masuk, dan tentu saja tulisan dari 3 pemenang utama.

Contoh tulisan saya ada  disini. Walau belum menang uang sejuta, tetap bahagia karena dapat ilmu seru, ketemu teman-teman baru dan jadi bisa mendapatkan pulsa gratisan.

Semoga bermanfaat!

Komentar